Peraturan Futsal Standard Internasional | grosir baju futsal

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Menu

Peraturan Futsal Standard Internasional

peraturan permainan futsal

Peraturan futsal standard internasional harus difahami oleh seorang pemain futsal , baik yang pro maupun untuk kelas kompetisi lokal. peraturan futsal ini dibuat agar pertandingan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan bersama.

futsal dimainkan oleh dua team yang masing masing berisikan lima pemain ( termasuk kiper ). pemain adangan bersiap menunggu di luar lapangan futsal. pertandingan dipimpin dengan seorang wasit dan seorang hakim garis. pertandingan berlangsung selama dua babak dengan masing masing memiliki waktu 20 menit.

masing masing team mendapatkan satu kali time out disetiap babak, lamanya timeout adalah satu menit untuk setiap team. timeout ini diminta oleh pelatih team kepada wasit yang memimpin pertandingan. jika tidak mengambil timeout dibabak pertama maka team tidak boleh menggandakan timeout di babak kedua.

Peraturan Permainan Futsal yang Berlaku Didalam lapangan futsal

pada awal mula pertandingan dimulakan, peraturan permainan dimulai dengan lemparan koin, team yang menang bisa menentukan gawang mana yang akan diserang , dan team yang kalah mendapatkan bola kick off babak pertama. masing masing team bertukar gawang pada babak kedua dan bola kick off diambil oleh team yang pertama memenangkan lempar koin.

Tendangan permulaan (kick off) diambil untuk memulai pertandingan dibabak pertama ataupun dipermulaan babak kedua. dari kick off ini bisa langsung tercipta gol yang sah.

Tendangan ke dalam. Pengganti lemparan ke dalam pada sepak bola. Tendangan ini diberikan jika bola melewati garis samping lapangan baik di tanah maupun udara. Gol tidak boleh langsung tercipta dari tendangan ini. Jika dilakukan lebih dari 4 detik, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tidak langsung bagi tim lawan.

tendangan gawang dilakukan jika bola melawati garis gawang dengan sentuhan terakhir pemain musuh, ini bisa langsung dilempar oleh kiper, peraturan futsal terbaru ini sangat berbeda dengan sepakbola yang harus ditendang.

didalam futsal juga dikenal tendangan sudut, namun berbeda dengan sepakbola ,karena tendangan sudut pada pertandingan futsal hanya diberi waktu 4 detik. jika dalam 4 detik bola tidak ditendang maka bola akan berubah menjadi tendangan tidak langsung bagi pemain lawan.

Hal hal yang melanggar aturan futsal

Pemain dinyatakan melanggar jika melakukan hal hal dibawah ini :

  • Mengeluarkan kata kata kasar
  • Bertindak kasar terhadap pemain
  • mencurangi pemain lain
  • tidak menghargai keputusan asit
  • dll

Tentunya masih banyak lagi hal hal yang bisa dianggap melanggar aturan dalam futsal, namun daftar diatas setidaknya sudah menjadi acuan hal hal yang dilarang didalam futsal. jika pemain melakukan pelanggaran maka wasit berhak menghukum , berikut beberapa hukuman yang bisa diberikan wasit :

1. Tendangan bebas tidak langsung
tendangan bebas langsung akan diberikan kepada team yang dilanggar. tendanagn diambil dititik dimana pelanggaran itu terjadi. bola yang ditendang dari tendangan tidak langsung bisa berbuah gol jika sebelumnya terkena dengan pemain lainnya. lawan boleh membentuk dinding dengan jarak 5 meter dari titik bola yang akan ditendang.

2. Tendangan Bebas Langsung
tendangan ini diberikan jika lawan melakukan pelanggaran keras didalam pertandingan. lawan berhak membentuk dinding dan gol bisa langsung tercipta dari tendangan bebas langsung.

3. Tendangan Penalti
Tendangan ini dilakukan jika lawan melakukan pelanggaran didalam kotak penalti. tentunya gol bisa langsung tercipta dari tendangan penalti ini. selain penendang dan kiper lawan , pemain lain harus berada diluar kotak penalti.

4. Akumulasi Pelanggaran yang dilakukan pemain
Akumulasi pelanggaran bisa didapatkan jika lawan melakukan pelanggaran sebanyak lima kali, maka kita mendapatkan tendangan langsung dengan team lawan yang dikondisikan sebagai berikut :

* Tim yang bertahan tidak boleh membentuk dinding pertahanan. Mereka harus berada di belakang garis imajiner yang ditentukan wasit dan sejajar dengan garis gawang.
* Tendangan harus ditujukan langsung ke gawang, tidak boleh disodorkan ke pemain lain.
* Sebelum menyentuh penjaga gawang atau memantul dari tiang dan mistar gawang, pemain lain tidak boleh menyentuh bola.
* Tendangan tidak boleh diambil dengan jarak kurang dari 6 meter dari gawang. Jika itu terjadi di kotak penalti, maka tendangan diambil dari garis penalti terdekat.
* Jika pelanggaran keenam ini terjadi di daerah lawan atau di daerah sendiri antara titik penalti kedua dan garis tengah, maka tendangan bebas akan dilakukan dari titik penalti kedua.
* Jika pelanggaran keenam terjadi di daerah sendiri antara garis gawang dan titik penalti kedua di luar kotak penalti, maka tim yang mendapat tendangan bebas boleh memilih titik penalti kedua atau di tempat terjadinya pelanggaran

sumber : hhttps://angginugraha.wordpress.com

Cari Produk

Rekening Bank

BUDI CAHYONO 1800463935
BUDI CAHYONO 6145-01-000282-50-3